Minggu, 01 Maret 2015


Perjalanan Makanan Dalam Tubuh

Segala sesuatu yang Anda telan akan melewati perjalanan sepanjang 30 kaki melalui jalur rumit saluran pencernaan Anda. Inilah yang turun setiap kali Anda membuka mulut.
  1. Mulut. Gigi Anda menggiling apa yang Anda makan selama beberapa detik. Makanan tersebut kemudian dipukul dengan ledakan pencernaan -dimulai dari air liur, lalu ditelan.
  2. Kerongkongan (esofagus). Panjangnya 10 inci, 1½  inci tabung otot yang meremas makanan dalam perut Anda.
  3. Katup esofagus bawah. Otot seperti gelang ini harus tetap tertutup sampai makanan meluncur menuruni kerongkongan, dan titik itu terbuka saat makanan lewat. Ketika organ ini tetap terbuka dan mencampur makanan dan asam lambung sehingga kembali merayap naik, hasilnya membuat Anda mulas.
  4. Lambung. Organ berongga ini mengaduk makanan Anda dengan enzim pencernaan dan asam lambung sampai menghancurkannya.
  5. Katup pilorus. Cincin otot yang terletak di dasar perut ini tetap tertutup sampai perut Anda siap untuk menyemprotkan makanan yang telah dihancurkan ke dalam usus kecil Anda.
  6. Usus kecil. Proses pencernaan banyak terjadi di dalam tabung sepanjang 22 kaki ini, tempat proses akhir pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak. Setelah 4 sampai 6 jam, karbohidrat tidak dipecah di sini akan dibuang ke usus besar Anda.
  7. Usus besar. Juga dikenal sebagai kolon, tabung 6 kaki berotot panjang ini sebagian besar berisi bakteri usus Anda. Makanan tidak lagi dipecah di sini. Tugas utama kolon Anda adalah  mengisap keluar air yang tersisa dan menyerap vitamin-vitamin (terutama vitamin K dan biotin) yang dihasilkan oleh trilyunan mikroba di sini.
  8. Rektum. Ruang panjang berukuran 8 inci ini adalah unit penyimpanan kotoran. Lekukannya yang kecil membantu menahan kotoran di tempatnya hingga Anda membuangnya.
  9. Anus. Penghujung jalur. Kotoran akhirnya dikeluarkan di sini melalui kontraksi otot katup anda.


http://www.menshealth.co.id/kesehatan/klinik/perjalanan.makanan.dalam.tubuh/004/002/12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar